RIFQI, HANY MUHAMMAD (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 3 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
HANY MUHAMMAD RIFQI. NPM 17110088. “Efektivitas Layanan
Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa di SMA N 3 Pati’. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang 2021.
Permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada
efektif layanan bimbingan klasikal metode diskusi untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa di SMA N 3 Pati. Berdsarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan klasikal metode
diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 3 Pati. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan true
experimental design dengan teknik posttest-only control design populasi pada
penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI
MIPA 5, XI MIPA 6, XI MIPA 7, XI MIPA 8, XI MIPA 9, XI IPS 1, XI IPS 2,
dan XI IPS 3 dengan jumlah 377 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih secara
random yang kemudian dibagi menjadi 2 kelas yaitu XI MIPA 4 kelas eksperimen
dan XI MIPA 5 kelas kontrol. Sampling yang digunakan adalah sampling cluster
random sampling. Hasil analisis penelitian ini deketahui uji independent sample
test diperoleh data post-test dengan nilai sig, 0,006 < 0,05, yang diartikan maka
adanya perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa terhadap kelompok yang
diberikan perlakuan atau treatment melalui layanan bimbingan klasikal dengan
metode diskusi.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal Diskusi, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:49 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3624 |