Pradana, Dika Kurnia (2022) RANCANG BANGUN MEDIA PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA BERBASIS MOBILE AUGMENTED REALITY DI SMK PERDANA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dibelakangi oleh minimnya fasilitas laboratorioum IPA
(Biologi, Fisika maupun kimia) di SMK Perdana Semarang. Upaya untuk
permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan media pengenalan alat laboratorium
kimia berbasis mobile augmented reality yang dapat digunakan dengan smartphone
android maupun ios, sehingga siswa dapat mengetahui alat-alat apa saja yang
biasanya digunakan ketika sedang praktikum kimia. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Perdana Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Model pengembangan
aplikasi yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle).
Untuk menguji kelayakan aplikasi media pengenalan alat laboratorium yang telah
dihasilkan dilakukan pengujian kelayakan dan keefektivitas oleh validator yang
terdiri dari ahli media, ahli materi dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa
kelas X Akuntansi dan X Multimedia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dengan pengisian angket penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi
media pengenalan alat laboratorium kimia yang dihasilkan dapat dikatakan sangat
layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini diketahui melalui
perhitungan persentase kelayakan sebesar 93,21% sehingga aplikasi media
pengenalan alat laboratorium kimia yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat
layak untuk digunakan sebagai media pengenalan dalam pembelajaran siswa.
Kata Kunci : Aplikasi, Alat Laboratorium Kimia, Augmented Reality, Android.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:41 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3611 |