ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP

Handayani, Handayani (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HANDAYANI 17310124.pdf] Text
HANDAYANI 17310124.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variable (SPLDV)
ditinjau dari gaya belajar siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket
gaya belajar siswa, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah 3 siswa VIII A SMP Negeri 2 Karangtengah yang terdiri dari 1 siswa dengan
gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 siswa dengan gaya
belajar kinestetik. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik
analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu (1) siswa dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan
pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali
solusi; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada tahap
membuat rencana; (3) siswa dengan bergaya kinestetik melakukan kesalahan pada
tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal SPLDV , Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:39
Last Modified: 22 Mar 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item
View Item