Utami, namira Putri (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika
pada materi perbandingan berdasarkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Bodeh yang
dipilih dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang
masing-masing memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan
rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan
instrumen pendukung yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes,
wawancara, serta dokumentasi untuk mengabadikan hal-hal penting yang
berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan
bahwa siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi berada pada level 5
kemampuan literasi matematika, siswa dengan kemampuan penalaran matematis
sedang berada pada level 4 kemampuan literasi matematika, dan siswa dengan
kemampuan penalaran matematis rendah berada pada level 2 kemampuan literasi
matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:39 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3605 |