PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XII SMAN 1 JUWANA

UMMAH, NIKROTUL (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XII SMAN 1 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nikrotul Ummah 18110015.pdf] Text
Nikrotul Ummah 18110015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NIKROTUL UMMAH. NPM 18110015. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMAN
1 Juwana”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi.,M.Si. dan
Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S.Pd.,M.Pd. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami
permasalahan komunikasi interpersonal yang ditandai dengan banyak siswa yang tidak
memiliki empati dengan sesama teman, siswa tidak aktif ketika pembelajaran, tidak
pernah merespon pesan di grup whatshapp, kurangnya kejujuran, tidak berani
mengutarakan pendapat dan siswa kurang memberikan respon kepada lawan bicara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap komunikasi interpersonal siswa
kelas XII SMAN 1 Juwana.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one group pretest�posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas XII Mipa 7 SMAN 1 Juwana. Sampel yang
diambil 10 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui skala psikologis.
Uji Paired Sample T test menunjukkan angka signifikansi (2-Tailed) p= 0,000,
sehingga 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Df=9 taraf signifikan 5%
sebesar 2,262 dan hasil t hitung 9,775 sehingga t hitung > t tabel yaitu 9,775> 2,262
dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap komunikasi interpersonal siswa
kelas XII SMAN 1 Juwana”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan guru BK untuk
meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:36
Last Modified: 22 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item
View Item