HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

APRILIA, NAVI TRI (2022) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Navi Tri Aprilia 18110110.pdf] Text
Navi Tri Aprilia 18110110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

NAVI TRI APRILIA. NPM 18110110 “Hubungan Konsep Diri dengan Pemilihan
Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dr. Yovitha Juliejantiningsih, M.Pd dan Ismah,
S.Ag., M.Pd, Juni 2022
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum memahami konsep diri
serta kebingungan dalam memilih studi lanjut. Hal tersebut terjadi karena siswa
belum mengetahui kelebihan, kelemahan yang dimiliki, belum mengetahui potens
dirii, mengalami kebingungan dalam memilih studi lanjut, siswa kurang memahami
jurusan-jurusan yang nantinya dipilih serta belum mengetahui macam-macam
jurusan studi lanjut. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah ada
hubungan konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1
Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitin ini yaitu untuk
mengetahui hubungan konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara tahun ajaran
2021/2022 yang berjumlah 282 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu
152 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random
sampling. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan skala likert
yang disebarkan kepada responden melalui google form.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang
positif dan signifikan antara konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas
IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil uji korelasi Product
Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,708 sedangkan nilai r tabel 0,159. Hal
ini berarti r hitung 0,708 ≥ r tabel 0,159. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha
diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan
antara konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1
Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan adanya penelitian ini siswa dapat lebih
memahami diri sendiri tentang bagaimana siswa dalam melihat, menilai serta
menyikapi diri sendiri baik dari aspek fisiologis ataupun psikologis agar siswa
dapat merencanakan pemilihan studi lanjut dengan mudah sesuai dengan potensi
yang dimilikinya.
Kata kunci: Konsep diri, pemilihan studi lanjut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:30
Last Modified: 22 Mar 2024 06:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item
View Item