APRILLIA, NADILA (2022) PENERAPAN METODE PARTISIPATORI DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS NILAI MORAL PUISI BAJU BULAN KARYA JOKO PINURBO PADA PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 COMAL PEMALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nadia Eka_17410071.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan bagaimana penerapan
metode partisipatori dalam pembelajaran menganalisis nilai moral puisi Baju Bulan
karya Joko Pinurbo pada peserta didik kelas XI SMA Bahasa Negeri 1 Comal Tahun
Pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data tes dan nontes yang berupa
observasi, angket dan dokumentasi. Terdapat 4 beberapa tahap dalam menerapkan
metode partisipatori, (1) Guru memberikan salam, berdoa dan melakukan presensi
untuk mengetahui kehadiran peserta didik, (2) Guru menyampaikan seputar materi dan
mengajak peserta didik mengingat materi puisi yang peserta didik dapatkan dikelas X,
kemudian guru bertanya kendala peserta didik dalam pembejaran, membina keakraban
dan melakukan take and give, (3) Guru memberikan motivasi pada peserta didik agar
tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran, (4) Guru memberikan materi
pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik, (5) Guru menutup pembelajaran
dengan menyimpulkan materi, refleksi dan berdoa bersama lalu diakhiri dengan salam.
Setelah diterapkan metode partisipatori peserta didik lebih aktif, rasa ingin tahu dan
antusias belajar yang tinggi hal ini dibuktikan dengan sebelum diterapkan metode
partisipatori rata-rata nilai peserta didik 43 dari kriteriria ketuntasan minimal atau
(KKM) 75 atau tidak tuntas, setelah penerapan metode patisipatori rata-rata nilai
peserta didik 89 dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 atau tuntas Selain data tes
terdapat pula data nontes berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil observasi
dapat disimpulkan peserta didik setelah diberikan metode partisipatori peserta didik
terlihat lebih senang mengikuti pembelajaran dan lebih aktif bertanya mengenai
materi, hasil data angket hampir seluruh peserta didik lebih memahami cara
menganalisis puisi Baju Bulan menggunakan metode partisipatori. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Partisipatori dapat diterapkan dalam
pembelajaran menganalisis nilai Moral puisi Baju Bulan karya Joko Pinurbo pada
peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Comal Pemalang Tahun Pembelajaran
2021/2022
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:05 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3552 |