PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA LABORATORIUM UPGRIS

Darmawati, Norma Ira (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA LABORATORIUM UPGRIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Norma Ira Darmawati 19320039.pdf] Text
Norma Ira Darmawati 19320039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang
beragam. Kurikulum ini pula memiliki konten yang lebih optimal sehingga peserta didik
memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kompetensi
yang sering digunakan oleh siswa yaitu kemampuan berpikir kritis. Implementasi
Kurikulum Merdeka ini lebih fleksibel dan terdapat pembelajaran ekstrakulikuler.
Pembelajaran ekstrakulikuler bisa disebut juga pembelajaran proyek. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati dan kendala yang dihadapi siswa
dan guru SMA Laboratorium UPGRIS. Subyek penelitian adalah kelas X-Bali sebagai
kelas eksperimen dan X-Dayak sebagai kelas kontrol, serta subyek tambahan guru biologi
kelas X. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dengan pengundian. Analisis
data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan
kelas ekperimen pada soal posttest nilai tertinggi yang didapat yaitu pada indikator
memberikan penjelasan dasar dan membuat inferensi. Kelas kontrol nilai tertinggi yang
didapat pada indikator memberikan penjelasan dasar. Terdapat juga perbedaan yang
signifikan antara keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil
analisis menggunakan Uji t, thitung sebesar 1,703 > ttabel 1,674. Kelas eksperimen
mendapatkan presentase lebih tinggi dalam semua indikator. Kelas eksperimen memiliki
rata-rata hasil posttest keterampilan berpikir kritis tinggi daripada kelas kontrol. Kendala
selama pembelajaran pada kelas eksperimen yaitu kurangya koordinasi dan kekompakan
antar kelompok. Implementasi kurikulum merdeka di SMA Laboratorium UPGRIS
terlaksana secara optimal namun belum efektif. Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu
kurangnya referensi, akses yang masih terbatas, keterbatasan pembagian waktu antara
pembelajaran teori dengan proyek.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Implementasi Kurikulum Merdeka, PjBL

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:09
Last Modified: 05 Jan 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item
View Item