Puspitasari, Gebi Dwi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran
matematika dengan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Math City Map
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi trigonometri.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UPGRIS
Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan menggunakan cluster random sampling
diperoleh kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan model
Problem Based Learning) dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol (pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis menunjukkan bahwa
kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan diperoleh uji-t dua pihak yaitu
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada
uji validitas produk, penilaian validasi ahli media sebesar 85,2% dan ahli materi
83,6% dalam kategori sangat baik dan penilaian kelayakan produk sebesar
85,78% berada pada kategori sangat baik serta hasil uji N-Gain sebesar 1,17157
dan juga pada analisis data ketuntasan belajar klasikal melebihi 80% sehingga
media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pengembangan, Math City Map, Berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:19 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3531 |