ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

ASTUTI, DEWI WIDYA (2022) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI WIDYA ASTUTI 17310110.pdf] Text
DEWI WIDYA ASTUTI 17310110.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analysis berpikir kritis
siswa dari adversity quotient dalam menyelesaikan soal open ended materi
SPLTV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
yang diambil adalah tiga siswa kelas X SMA NU 05 Brangsong yang mewakili
kategori siswa dari adversity quotient tipe climber, tipe camper, dan tip e quitter.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain soal tes untuk melihat
kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang telah disesuaikan dengan
indikator berpikir kritis dan non tes berupa angket Adversity Quotient (AQ).
Analysis dikembangkan berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Facione
dengan memperhatikan AQ yang dimiliki siswa. Adapun indikator berpikir kritis
menurut Facione antara lain: (1) Interpretation, (2) Analysis, (3) Evaluation, (4)
Inference, (5) Eksplanation, (6) Self-Regulation. Berdasarkan hasil analysis,
diketahui bahwa subjek dengan AQ tipe climber mampu memenuhi semua
indikator berpikir kritis, subjek dengan AQ tipe camper hanya mampu
memenuhi beberapa indikator berpikir kritis, dan subjek dengan AQ tipe
quitter tidak mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis.
Kata Kunci: Berpikir Kritis; Adversity Quotient; SPLTV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:15
Last Modified: 22 Mar 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item
View Item