PUTRA, SUKMAN MANDHA SHAH (2022) SANGKATAMA-KU SEBAGAI MEDIA PENGELOLAAN KEGIATAN UKM SANGKATAMA UPGRIS BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MDLC. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUKMAN MANDHA SHAH PUTRA 18670009.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Karawitan dan Tari Mahasiswa
(Sangkatama) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) merupakan satu-satunya
ukm di UPGRIS yang bergerak dalam bidang kesenian Jawa, yaitu Karawitan dan
Tari. UKM Sangkatama UPGRIS bisa dikatakan sebagai UKM yang berprestasi.
Namun, hingga saat ini UKM Sangkatama UPGRIS belum memiliki sebuah
sistem yang dapat digunakan sebagai media pengelolaan kegiatan seperti
pelatihan karawitan, pelatihan tari, ujian, workshop, dan arsip secara digital
dengan kata lain, masih dilakukan secara manual sehingga tidak maksimal. Oleh
sebab itu, dalam penelitian ini, peneliti melakukan perancangan dan pembangunan
sebuah aplikasi berbasis android bernama Sangkatama-ku yang berfungsi sebagai
media pengelolaan kegiatan dari UKM Sangkatama UPGRIS dengan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Langkah dalam metode MDLC ada
6 tahapan, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan,
pengujian, dan pendistribusian. Konten yang ingin peneliti angkat adalah
pelatihan karawitan secara virtual, pelatihan tari secara virtual, pelatihan
workshop secara virtual, ujian, sejarah, dan pendataan dari UKM Sangkatama.
Dalam perancangan aplikasi ini peneliti menggunakan software pembuat game
Unity, dan Corel Draw sebagai software untuk mengedit gambar. Untuk tahap
pengujian, peneliti menggunakan 4 tahapan. Yaitu pengujian pada perangkat
(device) dengan hasil aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa lag di
smartphone dengan sistem operasi android minimal versi 12 dan dengan
spesifikasi RAM 4 GB serta Internal 128 GB, White Box Testing atau pengujian
pada pengkodean yang terdapat pada aplikasi dengan hasil berhasil (telah
memenuhi kriteria rekayasa perangkat lunak), Black Box Testing atau pengujian
terhadap button-button yang terdapat pada aplikasi dengan melibatkan 3 dosen
informatika sebagai responden dan mendapatkan hasil presentase 100% berhasil,
dan User Acceptance Testing (UAT) atau pengujian aplikasi terhadap user,
dengan memberikan 15 pertanyaan yang mengandung aspek desain, aspek
kebermanfaatan, dan aspek pengguna. Pengujian ini melibatkan 5 responden dan
mendapatkan hasil 94% dari perhitungan yang sudah dilakukan. Aplikasi
Sangkatama-Ku diharapkan bermanfaat dan dapat membantu mempermudah
pengelolaan kegiatan UKM Sangkatama.
Kata kunci : UKM Sangkatama, Sangkatama-ku, Multimedia Development Life
Cycle.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3509 |