Maziana, Nabilla Putri (2022) PENERAPAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA NEGERI 1 MAYONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NABILA PUTRI MAZIANA 17230218.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Nabilla Putri Maziana. NPM 17410104. “Penerapan Model SAVI
berbantuan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran Mengonstruksi Teks
Prosedur Kelas XI SMA Negeri 1 MayongTahun Pelajaran 2021/2022”. Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1, Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd.
pembimbing II, R. Yusuf Budiawan. S.Pd., M.A. November 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Mayong, khususnya dalam mengonstruksi teks prosedur. Melihat
kondisi tersebut, perlu diupayakan model SAVI dalam pembelajaran mengonstruksi
teks prosedur. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
penerapan model SAVI berbantuan media video youtube dalam pembelajaran
mengonstruksi teks prosedur kelas XI SMA Negeri 1 Mayong tahun pelajaran
2021/2022. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penerapan model SAVI berbantuan media video youtube dalam pembelajaran
mengonstruksi teks prosedur kelas XI SMA Negeri 1 Mayong tahun pelajaran
2021/2022.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed
methods). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Mayong, dengan sampel peserta didik kelas XI IPS 1 yang
berjumlah 36. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik
tes dan non tes. Tes yang digunakan adalah tes yang berupa membuat teks prosedur
dalam kehidupan sehari-hari. Teknik nontes berupa angket, observasi, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1
Mayong, mode SAVIdapat diterapkan pembelajaran mengonstruksi teks prosedur.
Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 78,89 dari KKM sekolah
70. Didukung dari hasil observasi sebelum dan sesudah terjadi perubahan
peningkatan keaktifan peserta didik setelah adanya penerapan model SAVI
berbantuan media video youtube dari hasil observasi peserta didik, sehingga model
tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks prosedur.
Berdasarkan hasil angket model SAVI berbantuan media video youtube juga
membantu peserta didik dalam menuangkan ide dan gagasan pada pembelajaran
mengonstruksi teks prosedur, sehingga peserta didik lebih antusias dan semangat
saat pembelajaran berlangsung.
Saran yang dapat disampaikan dalam proses pembelajaran, guru harus
memperhatikan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai dengan baik. Model SAVI berbantuan media video youtube sangat
disarankan untuk pembelajaran mengonstruksi teks prosedur karena model SAVI
menekankan belajar harus memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki peserta
didik ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik disarankan untuk lebih
fokus dan memperhatikan materi pembelajaran saat guru menjelaskan materi
sehingga peserta didik dapat mengerjakan tugas dengan baik dan mendapatkan
hasil yang maksimal.
Kata kunci: Model SAVI (somatic auditory visual intelectual), Media Video, Teks
Prosedu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3503 |