SAFIYAH, MUSTIKA ARUM (2022) NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL NEBULA KARYA TERE LIYE SEBAGAI MUATAN MATERI BELAJAR SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Mustika Arum Safiyah 17410051 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitianini dilatarbelakangi oleh pentingnya nilai-nilai pendidikan bagi
peserta didik untuk pembentukan kepribadian yang baik. Di zaman sekarang,
perlu dibutuhkan nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik agar dapat mencontoh
perilaku baik. Maka dari itu untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan yang
dapat memberikan contoh sikap baik, maka dilakukan pendeskripsian bentuk
nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Nebula karya Tere Liye dan
pemanfaatannya sebagai muatan materi belajar sastra di SMA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai
pendidikan dalam novel Nebula karya Tere Liye sebagai muatan materi belajar
sastra di SMA? dan bagaimana pemanfaatan nilai-nilai pendidikan dalam novel
Nebula karya Tere Liye sebagai muatan materi belajar sasta di SMA? Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai
pendidikan dalam novel Nebula karya Tere Liye sebagai muatan matri belajar
sastra di SMA dan bagaimana pemanfaatan nilai-nilai pendidikan dalam novel
Nebula karya Tere Liye sebagai muatan materi belajar sastra di SMA.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Data
dalam penelitian ini diambil dari novel Nebula karya tere Liye yang diterbitkan oleh
Penerbit Gramedia Pustaka Utama tahun 2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat data nilai-nilai pendidikan
moral yang terdiri dari lima belas jenis nilai pendidikan moral, yaitu 7 memberi nasihat,
5 berbakti kepada orang tua, 1 bertanggung jawab, 2 rajin, 4 disiplin, 5 menghormati
orang lain, 3 pantang menyerah, 2 menepati janji, dan 3 mengasihi anak, 3 berjiwa besar,
12 tingkah laku membantu orang lain, 11 pengakuan merasa bersalah, 3 keinginan untuk
belajar, 3 rela berkorban, dan 1 memperhatikan kepentingan orang lain, (2) data nilai
pendidikan sosial yang terdiri dari 5 jenis nilai pendidikan sosial, yaitu 9 bersimpati, 5
berbagi, 7 bersahabat, 5 kekeluargaan, dan 3 peduli sosial, (3) data nilai pendidikan
budaya yang terdiri dari 7 jenis nilai pendidikan budaya, yaitu 1 menghargai makanan
khas, 3 budaya daerah, 4 budaya kampus, 2 sistem mata pencaharian, 2 kepercayaan, 1
bahasa, dan 1 rumah adat, dan (3) data nilai pendidikan estetika yang terdiri dari 2 jenis
nilai pendidikan estetika, yaitu gaya bahasa dan puisi. Selain itu juga terdapat
pemanfaatan nilai-nilai pendidikan dalam Novel Nebula karya Tere Liye sebagai
muatan materi belajar sastra di SMA.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalahPertama, pada pembaca agar terus
mengembangkan minat bacanya untuk mengapresiasikan karya sastra lebih baik
lagi. Bagi guru dan peserta didik, hendaknya nilai-nilai pendidikan ini dapat
digunakan sebagai materi belajar sastra dengan tujuan agar dapat dijadikan contoh
bersikap baik bagi peserta didik di kehidupan sehari-hari dan bagi penelitian lain,
hendaknya dapat meneliti nilai-nilai pendidikan dalam novel yang dapat dikaji
menggunakan pendekatan sastra lain agar dapat menambah wawasan yang
semakin luas.
Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan, novel, pemanfaatan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:51 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3494 |