ALFRIDA, FRISTANIA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA MACRO MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kurang aktif serta siswa
kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran karena kurang termotivasi dan
kurang adanya minat belajar yang terlihat. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan posttest di kelas XI SMA N 1 Karangtengah. Teknik Sampling
yang digunakan adalah cluster random sampling. dengan sampel mengambil tiga
kelas secara random yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian
ini menggunakan variabel independen (bebas) dan variabel dependen (terikat).
Teknik pengumpulan data menggunakan soal, pretest untuk data awal dan posttest
untuk data akhir. Hasil penelitian menunjukan pada taraf signifikansi 5% dapat
disimpulkan 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada yang
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan
media macromedia flash, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
dan model pembelajaran konvensional, 2) rata-rata hasil belajar matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Numbered Head Together (NHT) berbantuan media macromedia flash lebih
efektif dari model pembelajaran konvensional, 3) pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan
macromedia flash dan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar sama baiknya, 4) terdapat
ketuntansan secara klasikan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan macromedia flash dan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) berbantuan macromedia flash, 5) Dengan model
pembelajaran yang berbantuaan macromedia flash siswa akan merasa lebih
senang dengan suasana belajar yang berbeda sehingga siswa akan lebih berminat
untuk menerima materi yang diajarkan.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT),
macromedia flash, hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:49 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3490 |