ULUWWI, MUHAMMAD ULUL (2022) NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KISAH-KISAH KECIL & GANJIL KARYA AGUS NOOR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD ULUL ULUWWI 18416007.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dalam novel
Kisah-Kisah Kecil & Ganjil karya Agus Noor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan model analisis konten sastra dan pendekatan strukturalisme
dinamik serta nilai pendidikan yang dirumuskan dalam Permendikbud Nomor 20
Tahun 2018, Pasal 2, Ayat (2). Data penelitian berupa kutipan teks dalam novel
yang memuat nilai pendidikan yang dikumpulkan dengan teknik baca dan catat
menggunakan kartu data penelitian. Seluruh data yang telah dikumpulkan dianalisis
secara kualitatif sesuai nilai pendidikan yang termuat. Berdasarkan hasil analisis
akhir data penelitian, ditemukan bahwa dalam novel Kisah-Kisah Kecil & Ganjil
karya Agus Noor terdapat lima nilai pendidikan, yaitu nilai religiositas, nilai
nasionalisme, nilai kemandirian, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Dengan
demikian, disarankan supaya hasil penelitian digunakan dalam penelitian lanjutan
yang sejenis dan menjadi bahan pertimbangan untuk media penyampaian nilai
daripada sekadar nasihat langsung.
Kata kunci: strukturalisme dinamik, nilai pendidikan, Kisah-Kisah Kecil & Ganjil
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:48 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3489 |