PUTRI, WULAN YULIA (2022) PENERAPAN MEDIA VIDEO “PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL” DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DEBAT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WULAN YULIA PUTRI 15410097.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Wulan Yulia Putri. NPM 15410097. “Penerapan Media Video “Pelaksanaan Fuul
Day School” Dalam Pembelajaran Kemampuan Menganalisis Isi Debat Pada
Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Drs. Suyoto, M.pd dan Pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S.,M.A. 2022.
Kata Kunci : penerapan, media video, menganalisis isi debat
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik kelas X di
SMK Muhammadiyah 1 Weleri masih merasa kesulitan dalam memahami materi
menganalisis isi debat dikarenakan kurangnya peserta didik dalam berlatih
menganalisis, kurangnya peserta didik dalam memperhatikan pembelajaran
yang disampaikan oleh guru dan teknik pembelajaran yang disampaikan adalah
dengan teknik penjelasan materi. Oleh karena itu guru dan peserta didik
membutuhkan adanya media yang inovatif dan interaktif salah satunya dengan
menerapkan media video pelaksanaan full day school dalam pembelajaran
kemampuan menganalisis isi debat di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media
video “pelaksanaan full day school” dalam pembelajaran kemampuan
menganalisis isi debat pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri
tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana penerapan media video “pelaksanaan full day school” dalam
pembelajaran kemampuan menganalisis isi debat pada peserta didik kelas X SMK
Muhammadiyah 1 Weleri tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian deskriptif kualitatif yaitu gabungan antara metode deskriptif dan
kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu dengan peneliti menerapkan media video pelaksanaan
full day school membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan serta
peserta didik mampu menganalisis isi debat dengan baik. Hal ini dibuktikan
dengan memberikan lembar kerja peserta didik (LKPD). Dari hasil pemberian
LKPD diperoleh nilai rata-rata yang dicapai peserta didik kelas X Tata Boga yaitu
88. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pelaksanaan full day
school di SMK Muhammadiyah 1 Weleri termasuk dalam kategori “Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan media video pelaksanaan full day school
dalam pembelajaran kemampuan menganalisis isi debat di kelas X dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang digunakan guru
dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:47 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3487 |