SUSILO, YETNIEL RAMA (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PENGENALAN SISTEM TATA SURYA DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YETNIEL RAMA SUSILO 16670016.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan teknologi terkini yang pesat dengan semakin seringnya penggunaan
smartphone dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di bidang pendidikan. Hal ini
membuka peluang besar dalam memanfaatkan teknologi aplikasi pada smartphone
untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran berbasis aplikasi. Salah satunya
adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality Pengenalan Sistem
Tata Surya pada aplikasi android dalam media pembelajaran IPA bagi siswa
Sekolah Dasar (SD) kelas VI agar siswa termotivasi dan tertarik dalam belajar dan
lebih mudah untuk memahami materi yang dipelajari. Untuk itu dikembangkan
media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan fitur tanpa
menggunakan marker dengan aplikasi Unity, mata pelajaran IPA materi mengenal
planet-planet di Tata Surya untuk siswa kelas VI SD, sekaligus melihat kualitas
media pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek validitas, kemenarikan, dan
kepraktisan. Penelitan ini menggunakan metode Waterfall yang dimana memiliki 5
tahapan antara lain analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.
Akan tetapi dalam penelitian ini hanya berhenti pada tahap pengujian. Berdasarkan
hasil pengujian user acceptance test bagi guru Sekolah Dasar menghasilkan
presentase 91% untuk aspek desain, 95% untuk aspek kemudahan, 100% untuk
aspek kemanfaatan di kategorikan sangat setuju. Sedangkan pada hasil pengujian
black box dengan 3 dosen informatika sebagai penguji menghasilkan presentase
keberhasilan 100%, 100%, 100% dengan kegagalan 0%,0%,0%.
Kata Kunci : Augmented Reality , Waterfall, Unity, black box.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3481 |