APRIYANI, DESSY (2022) ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI SURAT KOPI KARYA JOKO PINURBO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DESSY APRIYANI 15410222.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dessy Apriyani. NPM 15410221. “Analisis Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi
Surat Kopi Karya Joko Pinurbo sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA.” Skripsi,
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dra. Ambarini Asriningsari, M.Hum., dan Pembimbing II Drs. Murywantobroto,
M.Hum. Januari 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk a) mendeskripsikan gaya bahasa dalam
kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo, b) mendeskripsikan alternatif
bahan ajar di SMA berdasarkan analisis gaya bahasa dalam kumpulan puisi Surat
Kopi karya Joko Pinurbo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif.
Data dalam penelitian ini berupa frasa, klausa, dan kalimat yang
mengandung gaya bahasa dalam buku kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko
Pinurbo. Data dalam penelitian ini berjumlah 25 puisi. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik baca dan teknik catat.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Jenis gaya bahasa yang digunakan oleh Joko Pinurbo dalam kumpulan puisi Surat
Kopi berjumlah 8 jenis gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut meliputi, metafora,
personifikasi, perbandingan, sinokdoce part pro toto, sinokdoce totem pro parte,
hiperbola, sinisme dan ironi. (2) Fungsi penggunaan gaya bahasa tersebut
dimaksudkan agar pembaca mendapatkan efek emosional dari puisi itu tersebut.
Gaya bahasa yang sering muncul dalam kumpulan puisi Surat Kopi Karya Joko
Pinurbo adalah metafora. Penggunaan gaya bahasa metafora ditemukan sebanyak
43, personifikasi 11, hiperbola 12, sinokdoce (part pro toto) 1, sinokdoce (totem
pro parte) 1, perbandingan 1, dan ironi 1. (3) Gaya bahasa yang terdapat dalam
kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo dapat digunakan sebagai alternatif
bahan ajar khususnya pengajaran puisi di SMA karena kaya dengan penggunaan
gaya bahasa. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mempelajari
penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam puisi sehingga dapat memudahkan
peserta didik dalam belajar pada KD 3.17. yaitu Menganalisis unsur pembangun
puisi (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna
(sense), rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).
Kata Kunci: analisis, gaya bahasa, puisi, surat kopi, joko pinurbo, alternatif,
bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:22 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3454 |