Viviana, Desi (2022) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SIFAT- SIFAT EKSPONEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Desi Viviana 18310085.pdf
Download (7MB)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan tes diagnostik
three tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sifat-sifat
eksponen di SMA Ma’arif Karangawen. Berdasarkan studi lapangan diperoleh
sebagian hasil nilai ulangan siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Hasil studi
literatur miskonsepsi merupakan kesalahan paling fatal dibandingkan dengan
kesalahanan yang lainnya. Diperlukan suatu tes diagnostik three tier untuk
mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan proses pengembangan soal tes diagnostik three tier yang layak
digunakan dilihat dari hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan
uji daya pembeda. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model 4D yang dimodifikasi tanpa ada tahap disseminate. Pengumpulan data
pada penelitian ini adalah soal tes diagnostik bentuk uraian, tes diagnostik three teir
bentuk multiple choice, dan dokumentasi. Hasil validasi ahli soal tes diagnostik
bentuk uraian diperoleh nilai 84,24% yang berkategori layak untuk digunakan
dengan jumlah soal 20. Hasil validasi isi soal tes diagnostik three tier bentuk
multiple choice diperoleh 9 soal dengan kriteria validitas sedang dan 11 soal dengan
validitas tinggi, hasil analisis uji coba terbatas dilihat dari uji validitas, uji
reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda diperoleh 8 soal tes yang
layak digunakan untuk mengidentifkasi miskonsepsi siswa pada materi sifat-sifat
eksponen.
Kata Kunci: Miskonsepsi; Tes Diagnostik Three Tier; Sifat-Sifat Eksponen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:20 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3451 |