Mahasin, Muhammad Zulfa (2022) PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING (CT) SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KABUPATEN REMBANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir komputasi atau yang disebut dengan Computational Thinking (CT)
merupakan Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dengan menguasai
indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Dalam
Computational Thinking siswa diarahkan untuk memiliki keterampilan berpikir
kritis, kreatif, komunikatif serta keterampilan untuk berkolaborasi dalam
menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil
kemampuan Computational Thinking (CT) siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di
Kabupaten Rembang pada pembelajaran biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa SMA Negeri di Kabupaten Rembang, khususnya pada kelas XI MIPA
sejumlah 222 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Purposive Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes,
angket, wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Kemampuan Computational Thinking pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di
Kabupaten Rembang pada pembelajaran biologi yaitu "bervariasi". Kemampuan
Computational Thinking pada tiap sekolah diperoleh nilai rata rata tertinggi yaitu
SMA B sebesar 56,60 dalam kategori "cukup" sedangkan rata rata terendah yaitu
SMA C sebesar 49,78 dalam kategori "cukup". Indikator kemampuan
Computational Thinking tertinggi yaitu indikator pengenalan pola dengan rata rata
sejumlah 76,88 dalam kategori "tinggi" sedangkan rata rata terendah yaitu indikator
berpikir algoritma dengan rata rata sejumlah 33,18 dalam kategori "rendah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:20 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3447 |