RAHAYU, DESI DWI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PISA PADA KONTEN SPACE AND QUANTITY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DESI DWI RAHAYU 17310049.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Literasi Matematis
Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pisa Pada Konten Space
And Quantity Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian
ini dilakukan di SMP. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif
Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP
tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 siswa yaitu 2 kemampuan
pemecahan masalah tinggi . 2 kemampuan pemecahan masalah sedang,
dan 2 kemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti adalah tes tertulis, tes wawancara, dan angket
(kuisioner). Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan
Keabsahan Data yaitu menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa dalam kelas VIII yang saya lakukan peneltian di
sekolah SMP Al- Ma’arif Jepara kemampuan literasi matematis kategori
tinggi kedua subjek mampu menjawab kedua soal dengan benar dan
memenuhi 4 indikator. Untuk kemampuan literasi matematis kategori
sedang subjek harus memenuhi minimal 1 soal yang benar dengan 3
indikator yang baik. Untuk kemampuan literasi matematis dengan kategori
rendah subjek dapat memenuhi 0-1 soal yang benar dengan 2 indikator
yang benar . Selain untuk mengetahui kemampuan literasi matematis,
penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan
lietrasi matematis siswa. Data diambil dari penyebaran angket/ kuisioner.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:16 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3443 |