KEEFEKTIFAN METODE THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM SUMBERMULYO TAHUN AJARAN 2022/2023

HABIB, MUHAMMAD ZAINAL (2022) KEEFEKTIFAN METODE THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM SUMBERMULYO TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD ZAINAL HABIB 18410110.pdf] Text
MUHAMMAD ZAINAL HABIB 18410110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Zainal Habib, NPM 18410110. “Keefektifan Metode Think
Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII MTs
Nurul Islam Sumbermulyo Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi, Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni. Pembimbing I Drs. Suyoto, M.Pd. dan Pembimbing
II Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd, November 2022
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketrampilan dan minat
menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Sumbermulyo tahun
ajaran 2022/2023 yang diketahui dari hasil wawancara terhadap guru. Rendahnya
minat siswa dikarenakan pembelajaran hanya berlangsung dengan model diskusi.
Melihat kondisi seperti ini perlu diupayakan penggunaan model pembelajaran
yang tepat untuk melatih ketrampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII
MTs Nurul Islam Sumbermulyo tahun ajaran 2022/2023. Model yang perlu
digunakan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Adapun tujuan
penelitian iniuntuk mendeskripsikan Keefektifan Metode Think Talk Write dalam
Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam
Sumbermulyo Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability
sampling.sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Dengan teknik analisis
data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing siswa
dalam menulis teks berita yaitu 73 terdapat pada uji reliabilitas pretest dan posttest
dengan menggunakan rumus cronbach’s alpha. Nilai tersebut termasuk dalam
kategori baik. Rata-rata nilai tersebut telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang telah diterapkan di MTs Nurul Islam Sumbermulyo Tlogowungu
Pati yaitu 70. Jadi, terdapat Keefektifan Metode Think Talk Write dalam
Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam
Sumbermulyo Tahun Ajaran 2022/2023.
Penggunaan metode ini bisa dikatakan efektif karena metode Think Talk
Write (TTW) mampu membangkitkan minat belajar dan reatifitas siswa dalam
menulis teks berita.Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus
melakukan model pembelajaran yang asik dan menyenangkan serta pembelajaran
Think Talk Write bisa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar bahasa
Indonesia khususnya pelajaran teks berit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:17
Last Modified: 22 Mar 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item
View Item