DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERBASIS STEM MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK MATEMATIS SISWA

Khaeriyah, Denti Zaedatul (2022) DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERBASIS STEM MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Denti Zaedatul Khaeriyah 18310069.pdf] Text
Denti Zaedatul Khaeriyah 18310069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang sangat erat kaitanya dalam kehidupan
sehari-hari. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan
menyelesaikan masalah. Hal tersebut berarti bahwa tingkat kemampuan literasi numerik matematis
yang dimiliki masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lintasan belajar yang
dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang
sisi datar dengan membuat project desain penyaring filter air sederhana di kelas VIII SMP
Muhammadiyah 11 Rowosari. Lintasan belajar ini terdiri dari 3 aktivitas yaitu mendesain project
penyaring filter air sederhana untuk mengenal bentuk bangun ruang sisi datar, mengidentifikasi
ciri-ciri, jaring-jaring, menentukan luas permukaan dan volume serta menyelesaikan masalah
terkait bangun ruang sisi datar dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran yang
digunakan adalah STEM (science, technology, engineering and mathematics) melalui lesson study
yang diintegrasikan dengan design research. Dari aktivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa
lintasan belajar yang diperoleh dapat meningkatkan kemampuan literasi numerik matematis siswa
pada materi bangun ruang sisi datar.
Kata kunci: Bangun ruang sisi datar, STEM, Lesson study, Desain penyaring filter air
sederhana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:12
Last Modified: 22 Mar 2024 03:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item
View Item