IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN METAMORFOSIS DENGAN QUIZ MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) DI SDN DUKUHTURI 01

HADAFI, MUHAMMAD SHIDQI (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN METAMORFOSIS DENGAN QUIZ MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) DI SDN DUKUHTURI 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metamorfosis merupakan suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang
melibatkan perubahan bentuk tubuh hewan yang diawali dengan telur hingga
dewasa. Dalam proses metamorfosis dibutuhkan waktu yang lama ketika ingin
melihat proses perubahan hewan yang akan mengalami metamorfosis. Sayangnya
dalam proses pembelajaran di SDN Dukuhturi 01 masih menggunakan media
konvensional, penyampaian materi masih menggunakan buku, poster maupun
gambar mengenai metamorfosis. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan
pembuatan aplikasi media pembelajaran pengenalan metamorofosis dengan
mengimplementasikan augmented reality berbasis android yang bertujuan sebagai
media yang bisa digunakan dalam menyampaikan materi metamorfosis bagi siswa
di SDN Dukuhturi 01 agar lebih mudah dipahami oleh siswa dan sebagai media
pembelajaran bagi guru yang lebih menarik. Pembuatan aplikasi ini menggunakan
metode multimedia development life cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahap yaitu,
concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi
pengenalan metamorfosis ini berisikan materi pembelajaran, video pembelajaran,
objek 3D dan quiz. Agar soal quiz semakin menarik maka digunakan algortima
linear congruent method (LCM) untuk mengacak soal. Berdasarkan hasil black box
testing yang melibatkan 3 responden yaitu dosen informatika mendapatkan hasil
100%. White box testing pada perhitungan cylomatic complecity dengan 2 rumus
mendapatkan nilai 3. Pengujian desteksi marker berdasarkan jarak 20 – 50 cm dapat
memunculkan objek 3D, berdasarkan sudut kemiringan 0o
– 45o
dapat
memunculkan objek 3D. Pengujian oklusi 10% - 60% dapat memunculkan objek
3D. Pengujian user acceptance test (UAT) yang melibatkan 10 responden dari
aspek desain mendapat nilai 98%, aspek materi mendapat nilai 96,4% dan aspek
informasi mendapat nilai 94,4% sehingga bisa dikategorikan sangat setuju

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:51
Last Modified: 22 Mar 2024 02:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item
View Item