ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA

Firdaus, Muhammad Nailul I'dad (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasi merupakan bentuk komunikasi gagasan atau ide terhadap suatu masalah yang
digunakan siswa dalam menemukan solusi dari suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika
kontekstual ditinjau dari gaya belajar visual, (2) untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa
dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar auditori, (3) untuk
mendiskripsikan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual
ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi matematis, dan
wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI 1 SMA N 1 Karangtengah. Subjek penelitian
yaitu 3 siswa terdiri dari 1 siswa gaya belajar visual, 1 siswa gaya belajar auditori, dan 1 siswa gaya
belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kemampuan representasi matematis
subjek yang memiliki gaya belajar visual mampu menggunakan representasi gambar atau tabel serta
menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek mampu dalam
menggunakan kata-kata atau bahasa, (2) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki
gaya belajar auditorial mampu menyelesaikan semua soal, menggunakan representasi gambar atau
tabel serta menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika dan subjek kurang
mampu dengan kata-kata atau bahasa.(3) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki
gaya belajar kinestetik mampu menggunakan representasi gambar atau tabel, serta mampu
menggunakan persamaan ekspresi atau representasi simbol aritmatika, tetapi subjek kurang mampu
menuliskan permasalahan tersebut dengan kata-kata atau bahasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:26
Last Modified: 22 Mar 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3362

Actions (login required)

View Item
View Item