FERIANTO, FERIANTO (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMADIYAH SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ferianto 15110048.pdf
Download (6MB)
Abstract
Ferianto. 15110048. ” Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VII SMP
Muhamadiyah 4 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Heri Saptadi Ismanto,
Padmi Dhyah Yulianti. Desember 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terdapat di SMP Muhamadiyah
4 Semarang sebagai berikut: perilaku siswa yang kurang percaya diri, kurang
berani mengungkapkan pendapat, dan kurangnya kemampuan menolak secara
tegas ajakan teman yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat
perilaku asertif sesudah diberi treatment bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama?, bagaimana tingkat perilaku asertif pada kelompok yang tidak
diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama?, seberapa
besar pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku
asertif siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku
asertif sesudah diberi treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama,
untuk mengetahui tingkat perilaku asertif pada kelompok yang tidak diberikan
treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, untuk mengetaui
seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap
perilaku asertif siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperiment Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah
siswa kelas VII SMP Muhamadiyah 4 Semarang, yaitu kelas VII B yang
digunakan untuk try out dengan jumlah siswa 32. Sampel diambil dari hasil
pretest jumlah sampel sebanyak 116 siswa dari kelas VII A, VII C sampai VIII E
dengan menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh
melalui DCM dan skala Likert. Validitas instrumen menggunakan rumus Product
Moment. Reliabilitas instrumen skala Likert diuji dengan menggunakan rumus
Alpha.
Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung (10,3) > ttabel
(2, 03). Maka dapat disimpulkan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa kelas VII SMP
Muhamadiyah 4 Semarang.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di
sekolah memberikan layanan lebih lanjut melalui kegiatan konseling kelompok
berkenaan dengan perilaku asertif siswa.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Perilaku
Asertif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:14 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3348 |