LAKSMANA, DADANG INDRA (2022) KOHESI DALAM IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA ERA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dadang Indra Laksmana 17410079.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dadang Indra Laksmana. “Kohesi dalam Iklan Layanan Kesehatan
Masyarakat pada Era Pandemi Covid-19”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang
2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat pada era pandemi
yang sangat membutuhkan informasi dan menjadikan iklan layanan masyarakat
sebagai solusi, dengan demikian iklan layanan masyarakat harus benar sesuai
kaidah kohesi dalam wacana sehingga iklan dapat terbaca dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud kohesi
gramatikal dan kohesi leksikal yang terdapat pada iklan layanan masyarakat pada
era covid-19? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud
kohesi gramatikal dan kohesi leksikal iklan layana masyarakat pada era pandemi
Covid-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis wujud kohesi
gramatikal dan kohesi leksikal iklan layanan kesehatan masyarakat. Sumber data
yang digunakan yaitu iklan layanan kesehatan masyarakat. Metode dan teknik
penyediaan data yaitu simak-catat kemudian metode dan teknik analisis data
menggunakan metode agih dan metode padan. Metode agih memiliki teknik
dasar BUL dan teknik lanjutan sisip, sedangkan metode padan memiliki teknik
dasar PUP dan teknik lanjutan HBS. Metode dan teknik penyajian data dengan
metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan data dari tuturan
yang berupa wujud kohesi gramatikal pada iklan yaitu pengacuan persona,
pengacuan demonstratif, substitusi, pelesapan, dan konjungsi. Tuturan berupa
wujud kohesi leksikal pada iklan yaitu repetisi epizeuksis, repetisi tautotes,
sinonimi klausa, kolokasi, hiponimi, oposisi mutlak, oposisi hubungan, oposisi
hirarkial, dan oposisi majemuk. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada
pengiklan atau penulis iklan supaya memperhatikan penggunaan kohesi
gramatikal dan leksikal sehingga iklan dapat terbaca dengan baik, dan kepada
peneliti, supaya penelitian ini dapat dijadikan refrensi atau rujukan penelitian
berikutnya.
Kata Kunci : kohesi, koherensi, iklan layanan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:11 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3346 |