EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK KELAS X

Mutiara, Cynthia Diza (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK KELAS X. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair and Share (TPS) terhadap hasil belajar
matematika siswa SMK kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
jenis Posttest Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster
Rundom Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK
Texmaco Semarang, sedangkan sampel penelitian ini adalah tiga kelas dengan dua kelas
eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning dan model pembelajaran Think Pair and Share serta kelas kontrol
diberi model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
analisis varians satu jalan dengan sel tak sama, uji t satu pihak, uji t dua pihak, uji
ketuntasan belajar dan uji korelasi . Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu Prezi, model TPS berbantu Prezi
dan model pembelajaran Konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model
PBL berbantu Prezi lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran
konvensional; (3) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS
berbantu Prezi lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran
Konvensional; (4) Hasil belajar menggunakan model PBL dan TPS sama baiknya ; (5)
Pembelajaran PBL dan TPS mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun
klasikal; (6) Terdapat korelasi antara persepsi siswa menggunakan model PBL berbantu
Prezi dan model TPS berbantu Prezi dengan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dan Think Pair and Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran
konvensional.
Kata kunci: Problem Based Learning; Think Pair and Share; Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:09
Last Modified: 22 Mar 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3341

Actions (login required)

View Item
View Item