NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANTOLOGI CERPEN PERIHAL KEMATIAN YANG DIPERMAINKAN CERPEN PILIHAN KIAS 2017-2019 SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI SMA

EXTYANINGRUM, MURYANA OVIKA (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANTOLOGI CERPEN PERIHAL KEMATIAN YANG DIPERMAINKAN CERPEN PILIHAN KIAS 2017-2019 SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Legal Muryana Ovika E 17410106 .pdf] Text
Legal Muryana Ovika E 17410106 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya nilai pendidikan karakter
yang terdapat pada kumpulan cerpen. Melalui karya sastra dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai
peserta didik yaitu ketrampilan dalam mengidentifikasi nilai kehidupan kususnya
nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam karya sastra cerpen. Maka dari itu
penelitian ini memberikan alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia yang mampu
memberikan ekspresi lebih terhadap suatu karya dengan pembahasan nilai
pendidikan pada cerpen.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana wujud “Nilai
Pendidikan Karakter pada Antologi Cerpen Perihal Kematian yang Dipermainkan
Cerpen Pilihan KIAS 2017-2019 Sebagai Alternatif Pembelajaran Teks Cerpen
Kelas XI SMA”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
wujud nilai pendidikan karakter yang terdapat pada antologi cerpen Perihal
Kematian yang Dipermainkan sebagai alternatif pembelajaran teks cerpen kelas X
SMA.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil pengumpulan
data yang dianalisis, diperoleh beberapa teknik pengumpulan data yaitu dengan
(1) identifikasi, (2) klasifikasi data, (3) deskripsi data dan, (4) kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik simpulan bahwa terdapat 9 nilai
pendidikan karakter dalam 9 cerpen dari 12 judul cerpen. Sembilan nilai
pendidikan karakter tersebut yaitu, jujur (2 kutipan), toleransi (2 kutipan), kerja
keras (4 kutipan), kreatif (1 kutipan), rasa ingin tahu (4 kutipan), cinta damai (2
kutipan), peduli sosial (5 kutipan), tanggung jawab (2 kutipan).
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Alternatif Pembelajaran Bahasa
Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:06
Last Modified: 22 Mar 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item
View Item