TANURA, LAZUAR YULA (2022) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL-FALAH MOGA PEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lazuar Yula Tanura 19416001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Lazuar Yula Tanura “Penerapan Metode Quantum Learning dalam
Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Al-Falah Moga
Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Suciati, M.Hum. dan
Pembimbing II Dra. Ambarini Asriningsari, M.Hum. Januari 2022.
Kata Kunci: Penerapan Metode Quantum Learning, Pembelajaran Menulis Puisi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterampilan menulis yang masih
rendah peserta didik Kelas X SMK Al-Falah Moga Pemalang, khususnya
keterampilan menulis puisi. Melihat kondisi demikian maka perlu diupayakan
penggunaan metode pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan minat serta
kreativitas dalam menulis puisi peserta didik Kelas X SMK Al-Falah Moga
Pemalang. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Quantum
Learning.
Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan metode Quantum
Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta didik Kelas X SMK Al�Falah Moga Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mendekripsikan penerapan metode quantum learning dalam
Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta didik Kelas X SMK Al-Falah Moga
Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek kelas X SMk
Al-Falah MOGA Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan non-tes. Teknik tes berupa tes praktik menulis puisi ba,
sedangkan teknik non-tes berupa observasi pengamatan, wawancara, dan
dokumentasi yang berupa proses pembelajaran menggunakan metode quantum
learning dan wawancara, yaitu bagaimana respon siswa saat pembelajaran
menggunakan model quantum learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelajaran menulis puisi menggunakan metode quantum learning mampu
meningkatkan antusias siswa dalam belajar, meningkatkan semangat, dan siswa
tidak merasa bosan pada saat pembelajaran, sedangkan dari data menulis puisi
balada diperoleh nilai tertinggi, yaitu 100. Nilai 100 termasuk dalam kategori sangat
baik.Nilai terendah, yaitu 72. Nilai 75 termasuk dalam kategori cukup dan nilai rata�rata 79,36 yang termasuk dalam kategori baik.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru hendaknya menggunakan variasi
model pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan supaya tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3334 |