CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SMA

SAFITRI, NADIA EKA (2022) CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NADIE EKA 17410071.pdf] Text
NADIE EKA 17410071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan karya sastra dalam
pembelajaran sastra khususnya puisi yang kurang beragam. Pada penelitian ini
akan mengkaji citraan beserta relevansi puisi terhadap pembelajaran di SMA
dalam kumpulan puisi Perjamuan Khong Ghuan karya Joko Pinurbo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citraan yang terdapat dalam
kumpulan puisi Perjamuan Khong Ghuan karya Joko Pinurbo beserta
relevansi dalam pembelajaran di SMA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja citraan yang
terkandung dalam kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko
Pinurbo? dan bagaimana relevansi puisi dalam pembelajaran di SMA? Adapun
tujuan penelitian ini adalah menjelaskan citraan yang terkandung dalam
kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko pinurbo dan menjelaskan
relevansinya dalam pembelajaran di SMA.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat. Data penelitian
ini diambil dari kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo
yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama tahun 2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 citraan: (1) citraan
penglihatan 30 data, (2) citraan gerak 25 data, (3) citraan pendengaran 21 data,
(4) citraan perabaan 5 data, (5) citraan pencecapan 4 data dan (6) citraan
penciuman 1 data. Lalu dalam pembelajaran penggunaan puisi Perjamuan
Khong Guan karya Joko Pinurbo relevan untuk pembelajaran di SMA pada kd
3.17 kelas X , dengan kriteria pembelajaran sastra meliputi tiga aspek, yaitu
bahasa, psikologi dan latar belakang budaya. Saran yang dapat penulis
sampaikan bahwa guru perlu menentukan bahan ajar yang tepat untuk dapat
menarik minta belajar peserta didik.
Kata kunci : citraan, kumpulan puisi, relevansi puisi dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:58
Last Modified: 22 Mar 2024 01:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item
View Item