EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nurjanah, Candra Kusuma (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan
nilai rata-rata dan keefektivitasan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan pendekatan model Eliciting Activities Matematika terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain ekperimen Quasi Experimental dengan menggunakan pretest-posttest only
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 5
Jepara tahun pelajaran 2022/ 2023 yang berjumlah 2 kelas dan memiliki jumlah
responden 63 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling, kelas VIII A kelas kontrol dan kelas VIII B kelas
eksperimen. Data yang diperoleh melalui nilai Pretest dan Posttest kemudian
diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-Test, dan Uji peningkatan N-
Gain. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji T-Test adalah model pembelajaran
problem based learning dengan pendekatan model eliciting activities matematika
(kelas VIIIB) memiliki jumlah responden 32 siswa dan mean (rata-rata) 81,22.
Sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional (kelas
VIIIA) memiliki responden 31 siswa dan mean (rata-rata) 71,65. Nilai
dan taraf signifikansi 5% diperoleh . Berdasarkan nilai t
dapat dituliskan (5%= 1,999) < (6,011), maka hasil analisis data
tersebut dapat dikatakan bahwa ditolak dan diterima sehingga “ada
perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan
model eliciting activities matematika siswa. Uji berikutnya adalah uji peningkatan
N-Gain diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu peningkatan kelas eksperimen
memiliki kategori sedang yaitu 0,47 dan peningkatan kelas kontrol memiliki
kategori rendah yaitu 0,21 sehingga dapat dikatakan meningkat dan efektif.
Kata kunci: Problem Based Learning, Model Eliciting Activities Matematika,
Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:47
Last Modified: 22 Mar 2024 01:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item
View Item