Ghoffar, M. Hafidz Azizal (2022) Nugroho Dwi. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis
mobile learning Virtual Reality (VR) pada materi trigonometri dengan pendekatan
etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah-langkah, yaitu
Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan),
Implementation (Implentasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 17
siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa kelas XI MIPA 3 sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket validasi media, angket validasi materi,
dan tes hasil belajar. Pengembangan media menggunakan software Adobe Animate CC
2019 dan Website Theasys. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Media dinyatakan
layak berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase kelayakan 91% dan validasi ahli
media dengan persentase kelayakan 92%. (2) media dinyatakan efektif karena mencakup
3 indikator, yaitu rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol,
bahwa ada pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar dengan uji regresi linear
diperoleh persamaan regresi ̂ dengan memiliki pengaruh sebesar
71,7% dan hasil belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan dengan persentase 82%
dengan nilai rata-rata kelas 77,89. Pengembangan media pembelajaran matematika
berbasis Virtual Reality pada Materi Trigonometri dengan Pendekatan Etnomatematika
Tugu Muda Semarang menggunakan Adobe Animate CC 2019 dan Website Theasys
efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3285 |