PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Pusparini, Bertyna Ruth (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Bertyna Ruth Pusparini 18310124.pdf] Text
Bertyna Ruth Pusparini 18310124.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Project based learning Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berpikir kreatif
siswa di Indonesia masih rendah. Model pembelajaran project based learning
berbasis STEM menjadi salah satu solusi untuk mengasah kemampuan berpikir
kreatif dimana di dalamnya terdapat Engineering Design process (EDP) yang
dalam prosesnya siswa diajarkan untuk learning by doing. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pati tahun ajaran 2022/2023.
Sampel dari penelitian ini ialah kelas VIII-D dan VIII-E dengan masing-masing
berjumlah 32 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis true experimental design.
Desain penelitian yang digunakan ialah Pre-Test Post-Test Control Group Design.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan
tes tertulis dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran dengan model Project based
learning berbasis STEM. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada
model pembelajaran Project based learning berbasis STEM lebih baik daripada
model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pengaruh, PJBL-STEM, Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:30
Last Modified: 22 Mar 2024 01:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item
View Item