ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Handayani, Bella Setya (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Bella Setya Handayani 16310146.pdf] Text
Bella Setya Handayani 16310146.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis adalah suatu kemampuan dalam mengaitkan atau
mencari hubungan antar topik dalam matematika itu sendiri, dan kemampuan
mengaplikasikan matematika dengan ilmu lain maupun dengan kehidupan sehari-
hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi
matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya
kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
dilaksanakan di SMP Ma’arif Karangawen. Subjek penelitian ini adalah 4 orang
siswa kelas 9D yang terdiri dari 2 orang siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2
orang siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes gaya kognitif dengan MFFT, tes kemampuan koneksi
matematis (TKKM), dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Penelitian ini di mulai dengan penentuan subjek gaya kognitif,
kemudian diberikan tes kemampuan koneksi matematis dan dilakukan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis
siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif masih tergolong rendah. Siswa
dengan gaya kognitif reflektif hanya mampu memenuhi satu indikator saja, akan
tetapi siswa dengan gaya kognitif ini cenderung mampu memaksimalkan waktu
dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan tidak tergesa-gesa. Siswa dengan
gaya kognitif impulsif hanya mampu memenuhi satu indikator, siswa dengan gaya
kognitif ini tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah dan tidak dapat
memaksimalkan waktu dengan baik.
Kata kunci : koneksi matematis; gaya kognitif reflektif; gaya kognitif impulsif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:21
Last Modified: 22 Mar 2024 01:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item
View Item