Santika, Bella (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN PADA MODEL PEMBELAJARAN SETTNG TREFFINGER BERBANTUAN MOBILE LEARNING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
bella santika 16310136.pdf
Download (3MB)
Abstract
Bella Santika. NPM 16310136; ‘’Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Ditinjau Dari Kemandirian Pada Model Pembelajaran Setting Treffinger berbantuan
Mobile Learning’ Skripsi. Program studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan
Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Supandi, S.Si. M.Si. Pembimbing II Dr. Rasiman, M.Pd., 2021.
Kemampuan berpikir kreatif matematis dan karakter kemandirian belajar siswa kelas
VIII Mts Mujahidin Mluweh belum optimal perlu dikembangkan. Salah satu upaya untuk
mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan model Setting Treffinger berbantuan
Mobile Learning. Tujuan dari penelitian ini meliputi ; 1. menguji penerapan Setting
Treffinger berbantuan Mobile Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, 2. menguji kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa dengan model Setting Treffinger berbantuan Mobile Learning lebih baik daripada
model pembelajaran konvesional. 3. mengetahui terdapat pengaruh positif antara kemandirian
belajar siswa yang menggunakan model Setting Treffinger berbantuan Mobile Learning
terhadap kemampuan berpikir kreatif mateatis, dan 4. untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa pada model Setting Treffinger berbantuan Mobile Learning
ditinjau dari kemandirian belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Mujahidin
Mluweh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang dipilih secara purpose sampling.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi data atau membandingkan
data-data yang diperoleh. Kemudian dilakukan tes formatif dan wawancara pada subjek
penelitian yang terdiri dari 3 siswa, 1 siswa dari kemandirian tingkat atas, 1 siswa dari
kemandirian belajar tibgkat tengah, dan 1 siswa dari kemandirian belajar tingkat bawah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. penerapan model Setting Treffinger
berbantuan Mobile Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dpat
mencapai ketuntasan belajar, 2. kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model
Setting Treffinger berbantuan Mobile Learning lebih bai dari model pembelajaran
konvensional, 3. terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar siswa yang
menggunakan model Setting Treffinger berbantuan Mobile Learning terhadap keammpuan
berpikir kreatif matematis, 4. siswa dengan kemandirian belajar tingkat atas lebih memenuhi
indikator kemampuan berpikir kreatif matematis daripada siswa dengan kemandirian belajar
tingkat tengah dab bawah.
Kata kunci ; Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar, Setting Treffinger, Mobile
Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:18 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3270 |