PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIT APP INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Imkhala, Muhammad Faradeni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIT APP INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Kurangnya inovasi media pembelajaran yang variatif dan mudah digunakan
dalam pembelajaran sebagai penyesuaian perkembangan teknologi. Media
pembelajaran yang sederhana bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya
kemampuan pemahaman konsep siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencoba
mencari sebuah solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis MIT
App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada
materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor yang
valid (layak), efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep. Jenis Penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada
penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain
penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum
diujicobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli
media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi berkriteria
sangat baik, yaitu untuk ahli media 87% dan ahli materi 87%. Media tersebut
layak untuk digunakan. Perhitungan efektifitas pembelajaran pada data akhir
untuk uji ketuntasan kelas ekperimen diperoleh 83% sehingga tercapai.
Selanjutnya dilakukan uji beda rerata dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung >
ttabel, 4,305024 > 1,671, maka H0 ditolak. Sedangkan uji n-Gain untuk kelas
ekperimen diperoleh 0,33 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor efektif digunakan
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Hasil dari respon pengguna
berkriteria sangat baik dengan persentase 90,7%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media berbasis MIT App Inventor praktis digunakan dalam
pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:15
Last Modified: 22 Mar 2024 01:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item
View Item