ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Nurazizah, Azmi (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
representasi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan materi SPLTV
ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI).
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskripstif
dengan pendekatan kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semesteri genap
tahun ajaran 2021/2022. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas X MIPA 3 di
SMA Negeri 1 Gubug yang dengan menggunakan teknik purposive sampling
terpilih 2 siswa bergaya kognitif FD dan 2 siswa bergaya kognitif FI. Teknik
pengumpulan yang digunakan adalah tes gaya kognitif GEFT (Group Embedded
Figures Test), tes kemampuan representasi, dan wawancara. Teknik analisis data
dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi
metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan representasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan representasi siswa yang dimiliki subjek
dengan gaya kognitif FD dalam menyelesaikan soal SPLTV yaitu hanya
representasi visual, 2) kemampuan representasi siswa yang dimiliki subjek dengan
gaya kognitif FI dalam menyelesaikan soal SPLTV memenuhi semua indikator
yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal.
Kata Kunci : Analisis, Representasi Matematis, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:50
Last Modified: 21 Mar 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item
View Item