PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BILANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA I SUBTEMA 1 KELAS I SD

BASKARA, TAUFIK ANGGA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BILANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA I SUBTEMA 1 KELAS I SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TAUFIK ANGGA BASKARA 15120436.pdf] Text
TAUFIK ANGGA BASKARA 15120436.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

TAUFIK ANGGA BASKARA. NPM 15120436. “Pengembangan Bahan Ajar
Menulis Bilangan Berbasis Augmented Reality pada Tema I Subtema 1 Kelas I
SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari
bukupelajaran (buku pegangan siswa dan LKS) karenamateri yang ada dalam
buku utama sulit dipahami. Lembar Kerja Siswa(LKS) yang digunakan pun
mempunyai kualitas yang rendah, sehinggamenyebabkan siswa kurang tertarik
untuk mempelajarinya.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan
bahan ajar menulis bilangan berbasis augmented reality pada Tema I Subtema 1
Kelas I SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Developmen
tmenggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg dan draf produk
awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapanganawal, 6) uji coba
lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) ujipelaksanaan
lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek dalam penelitianini terbagi
menjadi dua yakni subjek uji coba ahli yang meliputi ahli materi danahli media,
serta subjek uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studidokumenter, dengan
instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi,pedoman wawancara,
angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data teknik analisis data deskriptif
kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk buku ajar menulis bilangan
berbasis augmented reality pada Tema I Subtema 1 Kelas I SD yang dihasilkan
dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai
penunjang bahan ajar untuk siswa kelas I. Kelayakan produk buku ajar menulis
bilangan berbasis augmented reality ini didasarkan pada hasil penilaian produk
buku ajar menulis bilangan berbasis augmented reality dari ahli materi dan ahli
media, serta penilaian dari hasil uji coba lapangan awal, dan uji coba skala luas,
maka dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar menulis bilangan berbasis
augmented reality yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai
penunjang bahan ajar siswa kelas I SD N 4 Penyangkringan Weleri, SD N
Pekauman Kendal, dan SD N 1 Mororejo Kaliwungu.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Augmented Reality,Siswa Kelas I

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:36
Last Modified: 21 Mar 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item
View Item