DZULFIKAR, IMAM (2022) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 02 TEGOWANU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Imam Dzulfikar 15410176 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu, khususnya keterampilan
menulis puisi. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan metode
pembelajaran tertentu untuk meningkatkan keterampilam menulis puisi pada
siswa kelas VIII SMP N 02 Tegowanu. Metode yang diterapkan adalah
metode mind mapping.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses
penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada
peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022?
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode
mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas
VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang diambil menggunakan teknik
simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes berupa keterampilan menulis puisi menggunakan metode mind mapping
dan nontes berupa observasi dan wawancara.
Hasil penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis
puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran
2021/2022 diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah yang didapatkan
75, dengan presentase nilai rata-rata peserta didik 85 %. Hasil tersebut
membuktikan bahwa peserta didik sudah memahami mengenai
pembelajaran menulis puisi menggunakan metode mind mapping, karena
peserta didik telah mendapat nilai sama dengan atau lebih tinggi dari KKM
yang ditentukan yaitu 75.
Dengan demikian dapat simpulkan bahwa metode mind mapping
dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas
VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022.
Saran yang ingin penulis berikan adalah guru hendaknya memilih
metode pembelajaran yang sesuai agar tercapai keberhasilan dalam
pembelajaran. Karena peran guru sebagai fasilitator selama proses
pembelajaran, diharapkan guru selalu inovatif dalam pemilihan metode
pembelajaran yang sesuai dengan materi. Dengan begitu peserta didik dapat
antusias dan tertarik selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: penerapan metode mind mapping, pembelajaran menulis puisi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:27 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3184 |