SYAHPUTRI, AYU ADELIA (2022) APLIKASI PENGENALAN BAHAN MAKANAN GIZI SEIMBANG DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BAGI ANAK USIA DINI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AYU ADELIA SYAHPUTRI 17670018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pengenalan bahan makanan gizi seimbang kepada anak dapat merangsang otak
untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Dengan berkembangnya teknologi
informasi, sarana pengenalan bahan makanan gizi seimbang dapat dilakukan
menggunakan perangkat berupa personal komputer, laptop, maupun smartphone.
Bahan ajar saat ini masih terbatas menggunakan media kertas saja yang kurang
menarik perhatian bagi anak-anak, dari masalah tersebut maka peneliti sudah
membuat aplikasi pengenalan bahan malanan gizi seimbang dengan teknologi
augmented reality yang dapat menghasilkan objek tiga dimensi atau 3D dengan
tujuan agar anak dapat memvisualisasikan bahan makanan gizi seimbang secara
lebih menarik. Model pengembangan yang digunakan yaitu Metode ADDIE atau
Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Media
pembelajaran ini dibangun dengan menggunakan beberapa tools yaitu Unity 3D,
Vuforia, Blender, Photoshop, dan Visual Studio 2019, melalui pengujian black box,
pengujian white box, User Aceptance Testing (UAT), pengujian deteksi marker, dan
pengujian validasi ahli. Hasil dari penlitian ini yaitu didapatkan bahwa Aplikasi
Pengenalan Bahan Makanan Gizi Seimbang dengan Menggunakan Augmented
Reality Bagi Anak Usia Dini ini layak dan dapat digunakan dengan baik. Saran dari
peneliti yakni nantinya aplikasi dapat dikembangkan seperti menambahkan
informasi gizi, menambahkan backsound/sound efek, dan memperluas segmen
aplikasi.
Kata Kunci : augmented reality, aplikasi, gizi seimbang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3166 |