PENATAAN ON STREET PARKING DAN POTENSI RETRIBUSI PARKIR

ZULVIA, AVITA (2022) PENATAAN ON STREET PARKING DAN POTENSI RETRIBUSI PARKIR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AVITA ZULVIA 18640059.pdf] Text
AVITA ZULVIA 18640059.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ruang yang tersedia untuk memarkir kendaraan pada tepi jalan di kawasan pusat
kota dan sepanjang jalan raya utama yang dilakukan dengan tetap ada
pembatasan dan pengendalian serta pengaturan atau sering disebut on street
parking (Clarkson Grg Lesby dan Bary Hicks, 1988). Penelitian ini dilatar
belakangi oleh masalah kinerja lalu lintas yang kurang optimal disebabkan oleh
adanya on street parking pada jalur sepeda di Jalan Kartini Kota Salatiga. Dalam
mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya analisis tentang karakteristik
parkir, pengaruh on street parking, perencanaan on street parking, dan estimasi
retribusi parkir disepanjang ruas Jalan Kartini Kota Salatiga. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan deskriptif kuantitatif.
Pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan,
dokumentasi pribadi, catatan peneliti, dan dokumen pendudukung lainnya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa karateristik parkir dan pengaruh on street
parking terhadap kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Kartini Kota Salatiga untuk
durasi parkir tergolong Kategori I dan high turnover yang berarti durasi pendek,
pada umumnya kendaraan parkir kurang dari satu jam dengan durasi parkir
pendek yang pada umumnya untuk parkir di pusat perbelanjaan, dengan kapasitas
jalan 2489,22 smp/jam, kecepatan arus bebas kendaraan 37,665 km/jam serta
tingkat pelayanan tergolong kategori Level Of Service (LOS) B (0,20 - 0,44)
dengan karakteristik arus stabil, kecepatan sedikit terbatas oleh lalu lintas,
pengemudi masih dapat bebas dalam memilih kecepatannya. Alternatif simulasi
parkir yang digunakan yaitu posisi sudut parkir roda empat 0o dan roda dua 30o
dikarenakan simulasi tersebut tidak melebihi batas maksimal bahu jalan,
kapasitas jalan, kecepatan arus bebas dan derajat kejenuhan. Lalu, digunakan
pula penarikan retribusi parkir dengan metode Tarif Flat dengan tarif kendaraan
Roda 2 (dua) Rp. 2000,-/kendaraan sedangkan kendaraan Roda 4 (empat) Rp.
4000,-/kendaraan. Maka proyeksi total pendapatan parkir pada area lokasi survey
tersebut yaitu sebesar Rp. 51.830.000,- pertahun.
Kata kunci: on street parking, durasi parkir, retribusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:11
Last Modified: 21 Mar 2024 06:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item
View Item