PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PAWARTA SISWA KELAS X SMAN 01 TANJUNG TAHUN AJARAN 2023-2024

MULYANTI, LISA DEWI (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PAWARTA SISWA KELAS X SMAN 01 TANJUNG TAHUN AJARAN 2023-2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LISA DEWI MULYANTI 19430028.pdf] Text
LISA DEWI MULYANTI 19430028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lisa Dewi Mulyanti. “Penerapan Model Project Based Learning dalam
Pembelajaran Menulis Teks Pawarta Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Tanjung
Tahun Ajaran 2023-2024”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Alfiah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II
Yuli Kurniati Werdiningsih, S.S., M.A.
Kata Kunci: model project based learning, menulis, pawarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model
project based learning dalam pembelajran menulis teks pawarta siswa kelas X SMA
N 01 Tanjung Tahun Ajaran 2023-2024. Latar belakang penelitian ini yaitu
kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis teks pawarta pada siswa kelas
X9. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik antara lain, pada pemilihan aspek
pemahaman ejaan dan tanda baca, kelengkapan isi (unsur-unsur pawarta), dan
struktur pawarta masih belum dipahami oleh peserta didik sehingga masih terdapat
keliruan dalam penerapannya. Selain itu, model pebelajaran yang belum bervariasi
menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya antusias peserta didik dalam proses
pembelajaran. Dengan demikian, rumusan masalah yang diperoleh adalah
bagaimana hasil penerapan model project based learning dalam pembelajaran
menulis teks pawarta.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ekkperimen dengan pendekatan
yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan cara observasi (pengamatan) dan kuesioner (angket),
sedangkan pengambilan sample yang digunakan yaitu purposive sampling.
Setelah dilakukan analisi data, diperoleh hasil penelitian ini sebagai berikut:
1) Pada aspek pengetahuan, terdapat 28 siswa atau 78% memperoleh nilai di atas
KKM, sedangkan 8 siswa atau 22% belum mencapai ketuntasan KKM. Dari
presentase tersebut, Ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 77,27. 2) Pada aspek
keterampilan, terdapat 30 siswa atau 83% memperoleh nilai di atas KKM,
sedangkan 6 siswa atau 17% belum mencapai ketuntasan KKM. Dari prresentase
tersebut, ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 81,33. Dengan demikian
penerapan model project based learning dalam pembelajatan menulis teks pawarta
siswa kelas X9 dapat memberikan pengaruh terhadap ketercapaian tujuan
pembelajaran yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:38
Last Modified: 05 Jan 2024 02:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item