EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU VIDEO PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS SUSTAINABILITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Islami, Atika (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU VIDEO PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS SUSTAINABILITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Atika Islami 17320101.pdf] Text
Atika Islami 17320101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas
penggunaan model PBL ( Problem Based Learning ) berbantu video pada materi
ekosistem berbasis sustainability berpengaruh terhadap minat belajar dan
peningkatan hasil belajar kognitif siswa di SMA N 1 Mranggen. Jenis Penelitian
ini adalah Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group
Design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Purpossive Sampling.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes dan angket yang
diberikan pada siswa. Untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa tes dilakukan
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau yang disebut pretest-posttest.
Sedangkan untuk mengukur minat belajar siswa dilakukan tes sesudah diberi
perlakuan atau posttes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik
analisis data kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian Kelas X
MIPA 3 (kelas eksperimen) menunjukan hasil N-gain 0,6 yang mana hasil
tersebut menyatakan bahwa kelas eksperimen masuk dalam kategori sedang
sedangkan pada kelas X MIPA 6 (kelas kontrol) menunjukkan hasil N-Gain 0,3
yang mana hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas kontrol masuk dalam kategori
sedang.Untuk hasil uji paired sampel t test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.001 <
0.05 maka data pada penelitian ini dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata
posttest hasil belajar kognitif siswa. Dari hasil tersebut data pada penelitian ini
dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest ke posttest hasil
belajar kognitif siswa kelas MIPA. Penelitian ini juga memunculkan minat belajar
siswa yaitu dengan presentase 36,11% siswa dengan minat belajar sangat baik.
Maka dalam penelitian ini H1 diterima dan H0 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa
terdapat efektivitas penggunaan model problem based learning dalam materi
ekosistem berbasis sustainability terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif
siswa SMA N 1 Mranggen.
Kata kunci : Hasil Belajar, Minat Belajar, PBL, Sustainability

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:34
Last Modified: 21 Mar 2024 04:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item
View Item