EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Wibowo, Arthur Imantoko (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Arthur Imantoko Wibowo 18310010.pdf] Text
Arthur Imantoko Wibowo 18310010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pentingnya kemampuan numerasi siswa dalam
pembelajaran matematika. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery
Learning terhadap kemampuan numerasi siswa SMP kelas VII. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 1
Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster
Random Sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi
perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas VII B
sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery
Learning, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan
pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa
observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji anava satu arah, uji pasca anava dengan metode scheffe’, uji
regresi linear sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)
Terdapat perbedaan kemampuan numerasi siswa yang mendapat model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran Discovery
Learning, dan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan numerasi siswa dengan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran
Discovery Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat
perbedaan kemampuan numerasi siswa yang mendapat model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL), dengan model pembelajaran Discovery Learning.
4) Terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan numerasi siswa pada model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pada model pembelajaran
Discovery Learning. 5) Kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery
Learning mencapai KKM.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning, Kemampuan
numerasi siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:18
Last Modified: 21 Mar 2024 04:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item
View Item