Widayu, Aros Pindu (2022) ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN IPHONE DI KOTA SEMARANG (Studi kasus pada mahasiswa manajemen upgris). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Aros Pindu Widayu 17810128.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, citra
merek, harga, promosi dan minat beli terhadap loyalitas konsumen yang dilakukan
pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI
Semarang yang menggunakan Iphone. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kualitas produk, citra merek, harga, promosi dan minat beli sebagai
variabel independen, sedangkan loyalitas konsumen sebagai variabel dependen.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang
tahun angkatan 2018 sampai 2020 yang berjumlah 356 orang. Penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 189 orang yang
diperoleh menggunakan rumus slovin. Pengukuran pada penelitian ini
menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis IBM SPSS
Statistic Version 22 menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas produk terhadap
loyalitas konsumen. Citra merek tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas
konsumen, harga berpengaruh positif dan terhadap loyalitas konsumen, promosi
tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dan minat beli
berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, serta kualitas produk, citra
merek, harga, promosi dan minat beli berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
secara simultan. Hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai dari
Adjusted R Square sebesar 0,964 atau 96,4%. Hal ini dapat diartikan bahwa
variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, citra
merek, harga, promosi dan variabel minat beli sebesar 96,4%, sedangkan sisanya
0,36 atau 3,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Kata Kunci: kualitas produk, citra merek, harga, promosi, minat beli, loyalitas
konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:09 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3112 |