PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Windasari, Eva Esternia (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 34
Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 34 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 8 kelas. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII A,
VIII B, dan VIII F SMP Negeri 34 Semarang. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) adanya
perbedaan model pembelajaran Discovery Learning, model pembelajaran Problem
Based Learning, dan model pembelajaran konvensiaonal terhadap pemahaman
konsep matematis siswa, 2) model pembelajaran Discovery Learning lebih baik
dari pada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep
matematis siswa, 3) model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari
pada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis
siswa, 4) tidak terdapat perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dan
model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa.
Kata kunci: Pengaruh, Discovery Learning, Problem Based Learning,
Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:58
Last Modified: 21 Mar 2024 03:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3098

Actions (login required)

View Item
View Item