Putri, Eurika Dian Nurhalimah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Eurika Dian Nurhalimah Putri 17310064.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bernalar
dalam pemecahan masalah matematika pada siswa SMP ditinjau dari
gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Berdasarkan tujuan
tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif.
Pengambilan data dilakukan dari 25 siswa dipilih 4 siswa kelas IX di
SMP PGRI 01 Semarang dengan cara purposive sampling. Subjek yang
dipilih dalam penelitian ini yaitu 4 siswa, yang terdiri dari 2 siswa yang
bergaya kognitif reflektif dan 2 siswa yang bergaya kognitif impulsif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, tes kemampuan
bernalar matematis, wawancara, serta dilengkapi dengan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Uji
Keabsahan data triangulasi sumber. Berdasarkan indikator bernalar
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) mengajukan dugaan, 2)
melakukan manipulasi matematika, 3) menarik kesimpulan, menyusun
bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi, 4) menarik
kesimpulan dari suatu pernyataan, 5) memeriksa kesahihan suatu
argumen, 6) menentukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk
membuat generalisasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa bergaya
kognitif reflektif mampu menguasai semua indikator bernalar dalam
pemecahan masalah matematika dan siswa bergaya kognitif impulsif
belum mampu menguasai keenam indikator bernalar dalam pemecahan
masalah matematika.
Kata kunci: kemampuan bernalar matematis, gaya kognitif
reflektif dan impulsif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:54 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3094 |