NAJIBA, HANIF (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENELAAH UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 TOROH TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HANIF NAJIBA 18410074.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan merupakan sarana agar peserta didik memperoleh pengetahuan
untuk mengembangkan kecerdasan, keterampilan pada dirinya dan memperoleh
ilmu pengetahuan. Pada silabus kelas VIII terdapat materi menelaah unsur
pembangun teks puisi yang diharapkan dapat membangun minat peserta didik
terhadap karya sastra. Berdasarkan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia
SMP Negeri 1 Toroh nilai peserta didik pada materi menelaah unsur pembangun
teks puisi masih rendah. Hal tersebut dibutikan dengan hasil nilai ulangan harian
peserta didik pada materi menelaah unsur pembangun teks puisi yang belum
maksimal. Hasil belajar yang tidak maksimal ini dikarenakan guru masih
menggunakan metode ceramah yang menjadikan peserta didik pasif dalam
kegiatan belajar mengajar sehingga pemahaman dan hasil belajarnya tidak
maksimal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat keefektifan penggunaan
model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam menelaah unsur
pembangun teks puisi. Metode kuantitatif adalah pendekatan yang digunakan pada
penelitian ini , pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang
melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Teknik Random
Sampling dengan undian adalah teknik pengambilan sampel pada penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan sampel 64 peserta didik terdiri dari 32 peserta didik
kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis data analisis deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas,
uji hipotesis (uji parsial (T)) dan uji N-gain.
Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu : 1) Model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) efektif dalam pembelajaran menelaah unsur
pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Toroh. Hal ini
dibuktikan dengan perolehan uji hipotesis (uji T) yaitu mendapat nilai sig = 0,000
, karena nilai sig < taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Hasil
uji N-gain untuk melihat efektif atau tidaknya suatu model pembelajaran pada
kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) mendapat nilai rata-rata N-Gain skor = 77,6 % yang artinya
masuk pada kategori efektif, pada kelas kontrol yang menggunakan perlakuan
model pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata N-Gain skor = 37,2 %
yang artinya masuk pada kategori tidak efektif. 3) Berdasarkan hasil uji t dan uji
N-Gain maka hipotesis alternative (Ha) “Terdapat keefektifan model Numbered
Head Together (NHT) dalam menelaah unsur pembangun teks puisi pada peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 1 Toroh Tahun Ajaran 2022/2023” diterima dan data
yang dihasilkan adalah data yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif dalam pembelajaran
menelaah unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Toroh.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Number
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3088 |