ANALISA SIMULASI DROP TEST BODI MOBIL DENGAN MEDIA FIBERGLASS MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS

PANJALU, GANDHUNG FAJAR (2022) ANALISA SIMULASI DROP TEST BODI MOBIL DENGAN MEDIA FIBERGLASS MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GANDHUNG FAJAR PANJALU .15650060.pdf] Text
GANDHUNG FAJAR PANJALU .15650060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fajar Panjalu, Gandhung. 2021. “Analisa Simulasi Drop Test Bodi Mobil dengan
Media Fiberglass Menggunakan Software Solidworks”. Skripsi, Progam Studi
Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Informatika. Universitas PGRI Semarang.
Mobil Listrik adalah mobil yang di gerakan oleh satu atau lebih motor
listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai yang dapat diisi
ulang atau perangkat penyimpanan energi lainnya. Fiberglass atau serat kaca telah
dikenal orang sejak lama dan bahkan peralatan–peralatan yang terbuat dari kaca
mulai dibuat sejak awal abad ke 18, mulai akhir tahun 1930-an fiberglass
dikembangkan melalui proses filament berkelanjutan (continuous filament proces)
sehingga mempunyai 2 sifat-sifat yang memenuhi syarat untuk bahan industri,
seperti kekuatannya tinggi, elastis dan tahan terhadap temperatur tinggi. Untuk
sektor industri komponen, pemanfaatan bahan fiberglass juga sudah cukup
meluas. Produsen kendaraan besar sudah memanfaatkannya untuk membuat
komponen-komponen tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa hasil
simulasi drop test yang terjadi pada body mobil pada kecepatan 60 km/jam, 80
km/jam, 100 km/jam, 120 km/jam dan 150 km/jam menmggunakan software
solidworks .
Hasil simulasi drop test bodi sebagai berikut Hasil stress yang terjadi pada
kecepatan 60 km/jam yaitu 149.215.808 N/m², kecepatan 80 km/jam yaitu
164.564.000 N/m², kecepatan 100 km/jam yaitu 201.078.350 N/m², kecepatan 120
km/jam yaitu 280.074.720 N/m² dan kecepatan 150 km/jam yaitu 344.964.640
N/m². Sedangkan Hasil Displacement yang terjadi pada kecepatan 60 km/jam
yaitu 25,29 mm, kecepatan 80 km/jam yaitu 34,633 mm, kecepatan 100 km/jam
yaitu 42,516 mm, kecepatan 120 km/jam yaitu 54,747 mm dan kecepatan 150
km/jam yaitu 64,550 mm. Dan Hasil strain yang terjadi pada kecepatan 60
km/jam yaitu 0,0675, kecepatan 80 km/jam yaitu 0,0866, kecepatan 100 km/jam
yaitu 0,1066, kecepatan 120 km/jam yaitu 0,1281 dan kecepatan 150 km/jam
yaitu 0,1636.
Kata Kunci: Mobil Listrik, Fiberglass, Software Solidworks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Mesin
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:29
Last Modified: 21 Mar 2024 03:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3074

Actions (login required)

View Item
View Item